Bagaimana Cara Membuat Konten yang Disukai Pembaca dan Google



cara membuat konten yang disukai pembaca dan Google
Bagaimana Cara Membuat Konten yang Disukai Pembaca dan Google ~ Banyak blogger yang berusaha hanya mengoptimalkan SEO blog / website untuk mesin pencari agar mendapatkan ranking bagus untuk blognya dan diharapkan dapat disukai pengunjung.

Kalau menurut saya pribadi ada baiknya tidak hanya memikirkan SEO saja tetapi harus juga membuat konten yang disukai oleh pembaca maupun mesin pencari Google sehingga dapat mendulang trafik bagus. Itupun kembali kepada tujuan dibuatnya blog, Apakah sekedar menyalurkan hobi, atau sebagai tempat mencari uang dari internet.

Jikalau tujuan dibangunnya blog hanya untuk menyalurkan hobi tentu tidaklah perlu terlalu memperhatikan "lirikan" pengunjung dan mesin pencari. Lain halnya jika blog dibuat semata-mata untuk mendapat penghasilan tentu haruslah berbuat lebih banyak agar bisa memenuhi niatnya itu.

Nah, bagi Anda yang ingin membangun blog untuk keperluan penghasilan, Tips berikut ini dapat Anda coba terapkan pada blog /website agar dapat membuat konten yang disukai pembaca dan Google :

1. Jangan Terpaku SEO, Buat Blog / Website bernilai lebih

Pada kenyataannya SEO memang sangat diperlukan untuk mengoptimalkan pencarian, Seperti yang kita tahu bahwa artikel yang berada pada halaman pertama pencarian akan mendapatkan trafik yang tinggi.

Faktor SEO tidak seterusnya "kekal" karena untuk mempertahankan ranking page one akan memerlukan energi dan perhatian yang amat besar. Apalagi jika kata kunci yang dibidik tingkat persaingannya amat berat, Pasti akan lebih besar lagi perjuangannya dan bahkan bisa membuat Anda tidak bisa tidur dengan nyenyak ha ha..

Karena itu janganlah terpaku pada SEO saja, Lebih baik membuat artikel secara konsisten dan menarik, Sehingga tidak peduli berapa peringkat situs Anda dari hasil penelusuran jika situs memiliki nilai lebih pasti orang akan datang kembali untuk mengklik atau mengunjungi website / blog tersebut, Bahkan pengunjung akan merekomendasikan website / blog Anda kepada rekannya.

2. Jangan Terpaku Kepadatan Kata Kunci, Buat yang Wajar

Banyak yang berpendapat bahwa SEO harus memperhatikan kepadatan kata kunci ( keyword  density) yang berkisar antara 3%-5% dari sebuah artikel. Saya kira hal itu boleh-boleh saja diterapkan pada blog / website.

Akan tetapi hendaknya memasukkan kata kunci yang relavan / sinonim, harus terlihat wajar dan bervariasi, Jangan memasukkan kata kunci yang sama hingga berkali-kali. Sehingga saat pengunjung membaca artikel tidak ada yang terasa aneh dengan kalimat-kalimat di dalamnya. Jangan hanya karena memikirkan kepadatan kunci semata lantas membuat kualitas artikel menjadi tidak friendly.

3.Jangan Terpaku Pada Panjang Artikel, Buatlah Sesuai dengan Kemampuan

Banyak blogger yang beranggapan bahwa artikel yang panjang akan selalu mendapatkan posisi SERP Google yang bagus, Saya kira hal itu belumlah 100% benar. Tapi saya sendiri tidak memperdulikan akan hal tersebut, saya lebih suka artikel yang pembahasannya tidak bertele-tele, tapi lebih mengusahakan pembahasan yang mendalam sesuai kebutuhan agar pengunjung lebih mengerti hal yang sedang dibahas.

4. Gunakan Bahasa yang Simple dan Lugas

Pernah gak bayangi jikalau bahasa blog yang dipergunakan adalah bahasa planet lain? ha ha... tentu blog itu akan membuat kepala pengunjung menjadi pusing bukan ? Bahasa merupakan hal utama dalam dunia blogging,

Setiap uraian dalam artikel harus mempergunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang lain. Karena itulah pergunakan bahasa yang simple, santai, tidak menggurui, lugas dan tidak bertele-tele. Jikalau memang harus menggunakan bahasa ilmiah usahakan berikan penjelasan walau sedikit.

5. Interaksi dan Tanggapi Pengunjung dengan Baik

Kalau di pasar sering kali kita mendengar bahwa pembeli adalah raja, Mungkin hal ini boleh kita terapkan terhadap pengunjung blog /website kita, Berinteraksi dan menanggapi setiap pertanyaan pengunjung akan membuat pengunjung merasa dihormati, nyaman, mendapat solusi dan lain-lain. Ingat salah satu hal yang berkaitan erat dengan bounce rate (waktu rata-rata kunjungan ) adalah pengunjung.

6. Buat Judul dan Deskripsi yang Menarik

Judul artikel adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh pembaca maupun mesin pencari. Jadi buatlah judul yang menarik minat pengunjung menjadi penasaran ingin membacanya. Dan deskripsikan yang berkaitan dengan judul tersebut agar mendapatkan peluang pencarian yang lebih besar.

7. Usahakan Menggunakan Huruf tidak Terlalu Kecil

Saya pribadi tidak suka membaca artikel yang menggunakan tulisan yang amat kecil, Selain membuat mata cepat lelah, juga akan membuat kita sulit untuk mencerna pembahasan yang dibuat, karena tulisan akan dibaca sering terlewati.

8. Interlink yang Relavan

Interlink sangat penting untuk menambah perolehan pageviews blog / website, Akan tetapi harus diperhatikan kaitannya dengan artikel yang sedang dibahas ( relavansi ). Jangan terlalu memaksakan pembuatan interlink yang jauh dengan pembahasan agar pengunjung tidak merasa tertipu.Perhatikan juga jumlah interlink dalam artikel, usahakan jangan terlalu berlebihan yang akan merusak pemandangan pengunjung.

Nah, Saya kira itu saja cara membuat konten yang disukai pembaca dan Google, Ingatlah selalu pepatah "content is the king" Jadi upayakan membuat konten yang original dengan niat untuk memuaskan pengunjung dan sesuaikan dengan kemampuan, jangan terlalu memaksakan diri menulis demi mesin pencari. Semoga bermanfaat, salam sukses.