FAKTOR PENYEBAB ALEXA RANK BLOG TURUN



Faktor Penyebab Alexa Rank Blog Turun ~ Seperti yang kita ketahui bahwa Alexa Rank sering kali dijadikan sebagai dasar patokan dalam meniliai keunggulan atau gengsi suatu blog / website yang berada pada kawasan domestik ataupun kawasan global. Kecendrungan menilai jika semakin ramping Alexa Rank semakin bergengsi pula blog atau website tersebut. Karena itulah maka banyak blogger yang mengusahakan untuk mengecilkan angka Alexa Rank dengan segala upaya yang diketahuinya.

faktor penyebab alexa rank blog turun

Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab alexa rank blog menurun drastis ( angka semakin besar ), yang tidak hanya mempengaruhi blog yang memiliki sedikit postingan / artikel tetapi juga melanda blog yang memiliki banyak artikel.

Dan seperti blog ini juga pernah mengalami penurunan ranking alexa sedikit demi sedikit dikarenakan mengalami faktor-faktor tersebut. Faktor apa saja yang akan membuat Alexa Rank blog menurun ? Silahkan telusuri penyebabnya berikut :

1. Update Artikel

Update artikel menduduki posisi pertama yang menjadi penyebab alexa rank turun, algorithma google akan menganggap bahwa blog jarang update artikel adalah blog yang kurang fresh. Dan mau tidak mau, suka tidak suka blog akan mengalami penurunan jumlah queri pencarian, sehingga hal ini akan mempengaruhi trafik blog yang selalu membonceng alexa rank. Maka trafik blog turun alexa rank cenderung mengikutinya. Jadi bila blog Anda jarang update artikel jangan heran jika blog tersebut mengalami penurunan rank alexa.

2. Penggantian Domain TLD

Domain yang awalnya blogspot atau wordpress jika diganti menggunakan domain TLD akan membuat penurunan alexa rank, bahkan "no data". Tetapi hal ini tidaklah perlu dikhawatirkan, karena blog akan ada proses pengalihan yang tentu diperlukan waktu untuk melakukan prosesnya hingga semua tautan telah teralihkan, Dan bersamaan dengan proses itu maka lambat laun angka alexa akan kembali ramping.

3.Adanya Perubahan Algorithma

Perubahan Algorithma Google juga akan memberikan pengaruh ke alexa rank, wlaaupun bukan secara langsung memberikan pengaruh tetapi lebih cenderung ke kwalitas blog yang terpantau oleh algorithma tersebut. Jika ada blog yang terindikiasi tidak baik oleh algorithma maka Google akan memberikan hadiah berupa Google Sandbox, deindeks yang tentunya memberikan pengaruh terhadap pencarian dan akhirnya ranking alexa juga akan terpengaruh menjadi turun.

4. Terlalu Sering Mengganti Template

Mungkin salah satu hal yang sering kali terlupakan adalah penggantian template blog atau susunan template selalu akan memberikan pengaruh terhadap trafik blog atau pageviews. Misalnya blog yang tidak respornsive diubah menjadi lebih responsive. Hal ini membuat pembacaan alexa bahkan oleh mesin pencari Google menjadi berubah-ubah.

5. Popularitas Keyword Menurun

Hal ini dapat terjadi jika pencarian terhadap keyword blog kalah populer dengan blog yang lain dimana kita tahu bahwa saat ini tingkat persaingan dunia blogging semakin bertambah ketat. Jika blog kalah dalam persaingan pencarian tentu akan membuat pengunjung juga turun yang akhirnya akan membuat penurunan alexa rank juga.

6. Popularitas Niche Menurun

Ada saat tertentu yang menyebabkan penurunan popularitas suatu niche blog sehingga menyebabkan proses pencarian yang sangat minim, misalnya niche tutorial cenderung akan turun pada hari raya, tentunya hal ini juga akan memberikan pengaruh terhadap alexa rank. Atau niche pendidikan akan menurun saat anak sekolah sedang libur.

Dan faktor utama yang paling sering menjadi penyebab alexa rank blog turun adalah jarang update artikel, oleh karena itulah mau tidak mau upayakanlah mengupdate artikel, paling tidak 1 minggu sekali secara konsisten dan merupakan artikel original.