CARA OPTIMASI GAMBAR BLOG AGAR SEO



cara optimasi gambar blog agar lebih seo
Cara Optimasi Gambar Blog Agar Seo ~ Salah satu tehnik blogging yang dapat mendatangkan pengunjung adalah dengan upaya optimasi gambar. Optimasi dimaksudkan agar Search Engine lebih mengenali gambar saat ada permintaan dari pencarian dan hal ini juga merupakan salah satu kategori dalam optimasi SEO OnPage.

Saat calon pengunjung yang sedang mencari gambar dengan kata kunci tertentu dan mendapati gambar yang telah dipampang oleh mesin pencari maka akan tampil juga url yang terkait dalam hitungan detik. Apabila gambar kita yang telah mendapat optimasi tersebut diklik olehnya maka akan menuju url halaman tersebut dan tentunya hal ini mendatangkan trafik pengunjung blog.

Oleh karena itu maka perlu adanya upaya mengoptimalisasikan gambar yang ada dalam setiap postingan sehingga peluang kedatangan trafik blog diharapkan akan semakin bertambah.

Bagaimana Cara Optimasi Gambar Agar Lebih Seo ?


Di sini saya akan jelaskan 2 cara yang dapat digunakan dan mudah untuk diterapkan di blog , yaitu :

1. Nama Gambar

Perlu adanya suatu nama pada gambar yang bersifat spesifik dan singkat agar mesin pencari lebih mudah mengcrawl gambar jika ada keyword yang sedang dicari oleh calon pengunjung. Upayakan nama tidaklah terlalu panjang (sebaiknya maksimal 3 kata ) dan mencerminkan gambar dengan mudah.

Sebagai contoh :

Sepatu kulit.jpg , sepatu kulit rusa.jpg  = spesifik dan singkat
Sepatu kulit murah sekali.jpg, sepatu kulit rusa warna biru.jpg = tidak spesifik dan panjang

cara optimasi gambar.jpg = spesifik dan singkat
cara optimasi gambar yang benar.jpg = tidak spesifik dan panjang

cara optimasi gambar blog agar seo

2. Properties Gambar

Setelah proses upload gambar pada postingan, klik gambar tersebut dan pada bagian kanan bawah terdapat tulisan "properties", jika diklik akan tampil 2 baris kosong yang harus diisi. Isilah title text dan alt text yang sesuai dengan keinginan, tentu yang berkaitan dengan gambar dan artikel. Hal ini pula merupakan bagian dari SEO yang patut dipatut diperhitungkan untuk memperoleh perhatian dari mesin pencari.

Oleh karena itu gambar yang telah diupload dan dipublikasikan haruslah memiliki nama dan keterangan seperti di atas agar crawl dari mesin pencari semakin mudah sehingga peluang kedatangan pengunjungpun semakin terbuka.

Demikian artikel cara optimasi gambar blog agar seo semoga dapat memberikan manfaat, Salam sukses