KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CUSTOM DOMAIN TLD BLOGGER



Apa sih maksud custom domain TLD (Top Level Domain / domain tingkat tinggi) di blogger ? Custom domain TLD blogger adalah proses penggantian alamat blog atau website menjadi lebih khusus / unik ( .com, .net, .id, .web.id,.info , dll ) dari sebelumnya yang menggunakan domain gratis blogger (blogspot) , dan tetap menggunakan hosting blogger.
kelebihan dan kekurangan menggunakan custom domain tld blogger
Misalnya : alamat awal = namablog.blogspot.com menjadi namablog.com atau namablog.net atau namablog.web.id dan lain-lain, alamat blog khusus ini dapat dibuat sesuai dengan keinginan Anda asalkan belum ada yang menggunakannya.

Dan sudah banyak sekali blogger yang mengganti nama domain TLD tetapi tetap menggunakan hosting dari blogger dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Nah, apa untung ruginya mengubah domain TLD atau apa kelebihan dan kekurangan menggunakan custom domain TLD blogger ? Berikut ini penjelasannya :

Keuntungan :

1.Alamat domain sesuai dengan kehendak sendiri
Anda dapat mencari nama yang sesuai dengan kehendak sebagai pengganti alamat blog sebelumnya, asalkan belum ada yang menggunakan domain TLD tersebut

2.Terlihat lebih professional
Bagi sebuah toko online tentu akan terlihat lebih profesional dan menyakinkan pembeli dibandingkan menggunakan subdomain sebelumnya.

3.Terlihat lebih keren dan menarik
Sudah tentu mengganti alamat blog yang lebih pendek / simpel yang akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan terlihat lebih keren bagi pengunjung

4.Terlihat lebih serius dalam mengelola blog atau website
Blog yang menggunakan domain TLD akan terlihat lebih serius pengelolaannya dibanding dengan blog bersubdomain.

5.Tidak perlu bayar hosting
Hosting blogger disediakan secara gratis, Jadi Anda tidak perlu memikirkan biaya yang harus dikeluarkan setiap tahunnya.

6.Bandwith Unlimited
Selain hosting yang gratis, Bandwith pun tidak ada batasnya. Wow … Anda tidak perlu pusing memikirkan harus upgrade ke VPS dan lain sebagainya.

7.Tidak perlu memikirkan konfigurasi PHP, MySql dan lain-lain
Jika menggunakan hosting blogger, semua sudah otomatis dalam penangan pihak blogger, jadi tidak ada settingan PHP, MySql yang biasanya diperlukan jika menggunakan hosting berbayar dari pihak lain.

8.Alamat blog menjadi lebih singkat / pendek
Alamat yang baru akan menjadi lebih singkat tanpa ada embel-embel blogspot sehingga akan memudahkan pengunjung untuk mengingat alamat blog, Dan saat penulisan alamatpun menjadi lebih singkat dan lebih cepat.

9.Alamat lama akan diredirect / dialihkan secara otomatis
Pengunjung yang mengetik alamat blog lama akan langsung diredirect ke alamat baru, jadi Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan pengunjung.

10.Backlink yang menuju blog alamat yang terdahulu akan terdirect juga ke alamat yang baru.
Backlink yang tertanam pada alamat blog lama juga akan di direct ke alamat baru walaupun tidak secara langsung, sehingga backlink yang sudah ada tidak akan menjadi sia-sia.

Kekurangan :

1.Harus bayar domain tiap tahun
Domain merupakan suatu jasa yang harus dibayar/sewa setiap tahunnya karena memiliki masa aktif, jadi Anda harus memikirkan / mengeluarkan biaya untuk sewa domain tersebut sebelum masa tenggangnya habis.

2.Jika tidak diperpanjang, maka tidak dapat menggunakan nama domain tersebut
Domain yang tidak diperpanjang tentu tidak bisa dipergunakan lagi sebagai alamat blog,dan alamat yang baru tersebut akan berubah lagi ke alamat blog yang lama.

3.Jika berganti nama domain, akan kehilangan backlink
Seandainya masa sewa domain habis dan tidak diperpanjang maka backlink yang telah ditanamkan ke domain tersebut akan tetap ada, tetapi blog Anda yang kembali ke alamat lama akan kehilangan backlink tersebut.

4.Saat mengganti custom domain TLD, blog akan kembali seperti blog yang baru dibuat
Alexa Rank akan kembali ke 0, dan Rank-rank yang lain akan kembali ke awal seperti blog yang baru dibuat, Tetapi akan kembali ke semula seiring berjalannya waktu dan optimasi.

5.Harus mendaftar ulang ke Search Engine
Alamat yang baru tidak akan dikenali secara otomatis oleh Search Engine / mesin pencari jadi mau tidak mau harus didaftarkan ulang.

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan mengganti custom domain TLD blogger, Tentu Anda yang lebih tahu keputusan apa yang harus dibuat untuk blog Anda…..

Terimakasih, salam belajar blog