CARA MENGAMBIL GAMBAR (SCREENSHOT) PADA LAYAR SMARTPHONE ANDROID



Cara mengambil gambar screenshot ~ Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan Smartphone Android semakin berkembang dan menguasai pangsa pasar yang demikian luas. Teknologi yang ditanamkan di dalamnya mampu mengalahkan sejumlah aplikasi pesaing unggulan dunia. Misalnya saja mengambil gambar dari layar hp (screenshot), merupakan salah satu keunggulan yang bisa didapatkan melalui hp / smartphone Android.

Dan melalui artikel kali ini saya akan berbagi cara mengambil gambar layar pada hp Android tersebut, yang bisa dipergunakan untuk mengambil berbagai tampilan gambar. Sayangnya tidak semua hp Android memiliki kemampuan untuk mengambil foto tampilan layar seperti itu, dan Anda patut untuk mencoba apakah apakah smartphone Anda bisa dipergunakan seperti itu atau tidak. Dan cara screenshot hp Android pun bisa berbeda-beda tergantung dari merk ataupun model yang beredar.

Nah, silahkan disimak cara screen capture hp Android di bawah ini :

Samsung

Pilih gambar yang mau discreenshot , Tekan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan selama 3 detik, biasanya akan terdengar suara memotret dan akan tersalin ke dalam clipboard. Lihatlah ke memori penyimpanan apakah sudah ada gambar hasil screen capture tersebut.


Sony Experia

Pada hp sony experia, tekan secara bersamaan pada tombol Volume Down dan Power yang biasanya terletak di samping kanan hp. Setiap series Sony berbeda letak tombolnya, jadi perhatikan tombol Volume down dan tombol power saja jika ingin mengambil gambar layar.

tekan tombol untuk screenshot hp sony experia

OPPO

Pada hp OPPO, Anda bisa menekan secara bersamaan tombol power dan volume down yang terletak pada kanan dan kiri hp tersebut,  kecuali tipe ColorOS yang harus menggunakan tiga jari dengan menyapu ke arah bawah layar hp dengan terlebih dahulu disetting. Caranya : pilih menu Opsi Setting > General > Gesture & Motion > Gesture Screenshot


tombol volume down dan power untuk screenshot


Manfaat menangkap layar (screenshot) hp Android ini biasanya dipergunakan untuk mengambil tampilan di layar hp baik itu berupa gambar, foto, ataupun teks yang dianggap penting untuk disimpan ke dalam memori smartphone tersebut.