CARA BELAJAR MEMBUAT BLOG UNTUK PEMULA



Cara belajar membuat blog untuk pemula ~ Bagi pemula yang sedang belajar blog, tentu tidak mengherankan jika membuat blog yang terdapat banyak widget, warna-warni, efek-efek dan lainnya yang sebenarnya akan membuat blog menjadi semakin terbebani, sehingga loading blog bertambah lemot.

Memang bagi sebagian orang hal itu akan menambah keunikan atau keindahan blognya.Jika blog Anda ingin seperti itu ada artikel yang bisa Anda baca yaitu cara mempercantik blog yang barangkali bisa membantu Anda.

Jadi jika Anda adalah pemula yang baru mengenal blog, sebaiknya tidak serta merta menambahkan segala macam widget yang malah akan membuat blog semakin tidak indah dipandang.

Karena itu saya akan share cara belajar membuat blog untuk pemula yang belum pernah membuatnya, agar dapat membangun sebuah blog yang lebih bagus, ringan, dan SEO. Silahkan ikuti langkah-langkah nya ya :

1. Siapkan Email, jika belum punya dan ingin membuat bisa baca cara membuat email untuk panduan
2. Setelah itu buka browser Anda, ketikan www.blogger.com dan tekan enter dan akan tampak gambar seperti di bawah ini :

belajar membuat blog
3. Isi kolom kosong dengan email dan password Anda, abaikan saja kotak merah di pojok kanan atas, kemudian klik sign in

4. Setelah sukses login, maka akan tampak menu baru seperti gambar di bawah ini :

cara belajar membuat blog


5. Jika sudah masuk menu seperti di atas, maka klik saja tulisan "Blog Baru" , kemudian selanjutnya akan tampak seperti berikut :

cara membuat blog

Isikan saja judul blog sesuai dengan keinginan, tapi jangan terlalu panjang, sesuaikan juga thema blog ya. Kemudian isikan alamat blog pada kolom kosong di bawahnya , Jangan melebihi 15 karakter, jika alamat blog yang disi belum ada yang pergunakan maka akan ada pesan "alamat ini tersedia", Tetapi Anda harus mencari nama baru jika ada pesan "maaf, alamat ini tidak tersedia"

6. Setelah itu, lihat ke bagian bawah , Pilh template yang sesuai keinginan Anda, dengan cara mengklik gambar tampilan di menu tersebut. Saran saya pilih template yang pertama saja, karena lebih sederhana tampilannya. Dan template ini bisa Anda ganti lagi jika suatu saat merasa bosan atau memiliki selera yang baru. Tapi saat ini pergunakan saja yang sudah tersedia, ok ?

Nah, sampai di sini, blog Anda sudah jadi. Anda sudah bisa membuat postingan-postingan atau artikel-artikel sesuai dengan keinginan.

Pengaturan Tata letak / LayOut

Sebuah blog terdapat widget atau gadget yang akan menambah keunikan tampilan atau memberikan informasi yang terdapat pada sebuah blog. Akan tetapi jika menggunakan widget yang berlebihan akan menjadi boomerang bagi blog itu sendiri, berupa loading yang lama sehingga pengunjung akan merasa malas untuk menunggu hingga selesai terbukanya blog tersebut.

Dan bagi blog baru biasanya ada widget bawaan dari blogger yang sudah terpampang di menu tata letak / layout ( lihat gambar di bawah ). Saran saya hindarkan widget jam, widget video, widget kalender atau widget lain yang tidak perlu dipasang di blog.

Widget yang umum digunakan (boleh dikatakan bermanfaat) adalah widget arsip blog, popular post, Widget about me,  widget G+ , widget fanpage.

belajar blog untuk pemula


Settingan Dasar Blog

Pada bagian ini ada beberapa yang harus Anda setting untuk melengkapi tatanan blog yang baru saja dibuat, untuk jelasnya lihat gambar di bawah ini
cara belajar blog

Isi deskripsi yang akan mewakili isi dari blog, Centang "ya" pada privasi blog, setelah itu klik simpan perubahan. Kedua menu itu haruslah diisi untuk membantu mesin telusur lebih mudah menemukan blog Anda.

Settingan Komentar Blog

Pada bagian ini settingan diperlukan untuk membantu menyaring komentar-komentar yang masuk, Anda dapat menyetel sendiri jika sudah mengerti bagian-bagiannya sesuai dengan keinginan. Pada gambar di bawah ini merupakan settingan komentar ala blog ini.

cara belajar membuat blog baru

Pada bagian lokasi komentar, ada beberapa pilihan yang dapat Anda pergunakan, Settingan yang umumnya dipergunakan adalah "tersemat", bagian ini terserah selera Anda mengatur model tampilan komentar. (silahkan dicoba-coba saja).

Untuk bagian "siapa yang dapat mengomentari ?" juga merupakan alat penyaring komentar, pada bagian ini saya sarankan bagi pengguna blog baru agar diset menjadi  "semua orang", hal ini bermanfaat bagi pengunjung untuk lebih suka mengunjungi karena akan mendapatkan backlink dari blog Anda. Jikalau blog Anda sudah berumur bolehlah diset menjadi "pengguna dengan akun google". Dan saya sangat tidak menyarankan menggunakan settingan "hanya anggota blog ini" karena umumnya orang akan malas untuk melakukan pendaftaran ke blog yang masih kategori baru.

Moderasi Komentar tentu harus disetting menjadi "selalu" , Hal ini akan membantu Anda menyaring komentar-komentar yang masuk, komentar yang masuk akan mendapatkan persetujuan dari Anda sebelum mendapatkan ijin dari pemilik blog untuk ditampilkan.

Bagian Tampilkan verifikasi kata , Bagi saya pribadi sebenarnya tidaklah menyukai bagian yang satu ini untuk diset menjadi "ya", karena akan menyulitkan pengunjung untuk memeloti teks atau angka yang diberikan agar bisa mengirimkan komentar. Terkadang cukup menyebalkan harus mengulang-ngulang ketikan teks yang tidak lolos verifikasi.

Settingan seluler dan email

Isikan pada bagian "email pemberitahuan komentar" dengan email yang Anda miliki, setiap ada kiriman komentar akan dikirimkan juga ke Inbox email tersebut.

Settingan Bahasa dan pemformatan

Pada bagian yang satu ini , isilah sesuai dengan bahasa yang Anda pergunakan untuk mempermudah mengelola blog. Dan setting format jam yang sesuai dengan keinginan.

Settingan preferensi penelusuran

Isi deskripsi yang menggambarkan tema blog untuk membantu mesin telusur lebih mudah menemukan blog Anda.Pada bagian Robots.txt biarkan kosong saja ( yang berarti set default ) dan selanjut nya baca artikel cara setting tag tajuk robot khusus untuk membantu Anda mensettingnya, agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

Lainnya
 
Dan yang terakhir "Lainnya" ( lihat bagian bawah preferensi penelusuran ) adalah Umpan Situs, ubah settingan menjadi "singkat", hal ini juga akan berguna untuk mencegah autoblog yang akan merusak Serp blog Anda.

Sebenarnya masih banyak yang harus dilakukan untuk memaksimalkan settingan blog, tetapi saya rasa untuk pemula sudah cukup yang di atas dulu, yang terpenting adalah fokus pada pembuatan artikel yang original karya tulis sendiri.Upayakan secara konsisten meng-update dan mencari backlink untuk blog, jika memang tidak bisa dilakukan setiap hari maka paling tidak lakukanlah 1 minggu sekali.

Ok , demikian cara belajar membuat blog untuk pemula, semoga dapat bermanfaat. Salam sukses