CARA MENGGUNAKAN REDIRECT 301 / PENGALIHAN URL BLOGSPOT



cara menggunakan redirect 301 blogspot

Cara menggunakan redirect 301 ~ Proses pengalihan URL / redirect 301 perlu dilakukan jika suatu halaman blog ingin dialihkan ke halaman lain, tujuannya adalah untuk mencegah pengunjung atau crawler tidak mendapatkan halaman yang tidak ada atau sudah dihapus.

Misalnya saja ada halaman blog Anda yang dengan sengaja atau tidak sengaja terhapus atau pada saat cek di Google Webmasters Tools terdapat error yang merupakan link mati ketika dicrawl oleh mesin pencari.

Nah untuk mengatasi agar tidak ada error 404 bisa melakukan redirect 301 sehingga error yang terbaca akan dipindahkan dengan proses transisi halus ke halaman lain. Pengalihan selain karena error 404 juga dapat digunakan untuk memadukan 2 buah situs web dari tautan yang lama ke URL yang baru.

Ada juga pendapat lain bahwa proses redirect 301 juga akan memindahkan nilai halaman yang sudah didapatinya, baik itu berupa pagerank maupun backlink. Jadi proses ini sebenarnya sangatlah bermanfaat untuk menjaga kwalitas dan reputasi blog yang telah dibina.

Nah, saya akan jelaskan cara menggunakan redirect 301 agar Anda dapat melakukan pengalihan sesuai dengan kebutuhan :

1.Masuk ke menu blogger Anda ( lihat gambar di bawah )
2. Klik  Setelan --> Preferensi penelusuran --> klik edit ( no 3 )


cara menggunakan redirect 301

3. Misalnya Anda mau melakukan Redirect URL blog Anda yang alamatnya seperti berikut :
http://namablog.blogspot.com/2014/05/cara-menggunakan-redirect-301.html

ke halaman baru yang alamatnya seperti berikut :
http://namablog.blogspot.com/2014/05/cara-melakukan-redirect-301.html

maka lakukan pengisian pada kolom A dengan cara /2014/05/cara-menggunakan-redirect-301.html  dan pada kolom B diisi dengan alamat baru dengan cara /2014/05/cara-melakukan-redirect-301.html  ( lihat gambar di bawah ) harap diperhatikan dalam pengisian kolom tersebut tanpa http://namablog.blogspot.com

cara menggunakan pengalihan 301

4. Setelah itu centang kolom permanen, klik simpan dan simpan perubahan , selesai

Jika peletakan link di kolom A dan B dengan benar maka begitu Anda mencoba search link mati akan langsung dialihkan dari link yang mati menuju link tujuan.

Untuk memberikan penjelasan lanjut, Sobat bisa saksikan video dari Matt Cutts di bawah ini, silahkan terjemahkan sendiri ya .



Nah itulah sedikit penjelasan tentang cara menggunakan redirect 301, semoga dapat memberikan manfaat. salam sukses