APA ITU QR CODE



qr code

Apa itu qr code ? ~ QR CODE adalah suatu jenis kode matriks yang dikembangkan oleh Denso Wave dan dipublikasikan pada tahun 1994. QR merupakan singkatan dari Quick Response atau dalam bahasa Indonesia artinya respon cepat yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan juga mendapatkan respons yang cepat.

Sebuah Qr code dapat menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, ini berarti dapat menampung informasi yang lebih banyak dibanding dengan barcode hanya mampu menyimpan informasi secara horizontal saja.

Umumnya sebuah qr code digunakan untuk menanamkan informasi alamat situs suatu perusahaan. Fungsi dari qr code sebenarnya dapat menyimpan tidak hanya alamat situs, tetapi dapat pula menyimpan nomor telepon, teks, sms, url situs, logo perusahaan, klip video, foto dan lainnya.

Qr code dapat digunakan pada ponsel yang memiliki aplikasi pembaca kode dan memiliki akses internet sehingga dapat menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju melalui qr code tersebut.

Pengguna ponsel harus mengaktifkan program pembaca qr code dan mengarahkan kamera ke qr code dan secara otomatis program pembaca qr code akan memindai data yang telah tertanam pada qr code tersebut.

Jika suatu qr code berisi alamat situs maka pengguna secara langsung dan cepat dapat mengakses situs tanpa harus mengetik alamat situs yang dituju.