CONTOH PENDAHULUAN SRIPSI

contoh pendahuluan skripsi

Contoh skripsi ~ Tentunya para mahasiswa yang telah lulus kuliah sudah diperbolehkan membuat skripsi yang merupakan suatu tugas akhir dari sebuah perguruan tinggi sebagai syarat kelulusan. Secara ringkas tujuan utama sebuah skripsi adalah mengetahui perkembangan pemikiran mahasiswa untuk melakukan penelitian yang dituangkan dalam sebuah karya tulis yang terdiri dari gabungan beberapa bagian yang tersusun dengan rapi. Salah satu bagian tersebut adalah Pendahuluan Skripsi dan tentunya para mahasiswa memerlukannya sebagai bahan syarat kelulusannya tersebut.

Dan untuk membantu para mahasiswa membuat skripsi, maka saya akan memberikan contoh pendahuluan skripsi, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Berikut ini saya tuliskan contoh nya

    Contoh pendahuluan skripsi bidang simulator gerak


                                                      Bab 1

                                                Pendahuluan

1.1.  Latar Belakang
      Dalam era teknologi saat ini, telah banyak kemajuan yang dicapai oleh umat manusia. Salah satunya adalah dengan diciptakannya simulator, yaitu alat yang berguna untuk menggambarkan keadaan yang ditemui dunia nyata. Sebagai contoh, sebuah simulator penerbagnan yang berfungsi menggambarkan bagaimana seorang pilot pesawat terbang mengendarai pesawat tanpa harus berada di dalam pesawat terbang yang sesungguhnya. Dengan menggunakan metode ini dapat melakukan penghematan biaya pelatihan dari seorang calon pilot., karena tidak harus menggunakan pesawat terbang sungguhan untuk melakukan pelatihan.

     Fungsi lain dari simulator adalah untuk melakukan ujicoba dari hal-hal yang tidak mungkin dilakukan pada dunia nyata. Sebagai contoh adalah simulasi efek yang terjadi dari sebuah ledakan bom nuklir.

     Saat ini simulator telah ditujukan sebagai alat hiburan dengan diciptakannya Simulator Gerak Dinamis ( singkat :SGD). Alat ini dapat ditemui di beberapa pusat pertokoan (mal) atau di Dunia Fantasi. Melalui SGD ini pula masyarakat Indonesia dapat merasakan bermain ski tanpa harus pergi ke pegunungan. Hingga saat ini harga tiket SGD masih sangat mahal, karena seluruh teknologi SGD ini langsung diimpor dari luar negeri dan belum ada penelitian maupun pengembangan dari dalam negeri. Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk mengadakan penelitian mengenai SGD yang dapat diprogram langsung oleh komputer.

   Pada umumnya SGD yang telah ada di pasaran menggunakan sistem Hidraulic sebagai sistem penggerak. Namu untuk protoripe SGD ini, penulis mencoba memanfaatkan sistem Pneumatik sebagai alternatif dari SGD yang telah ada saat ini.

1.2.  Ruang Lingkup Penelitian
      Penelitian ini akan mencakup penggunaan silinder Pneumatik untuk menjadi alat penggerak pada SImulator Gerak Dinamis. Sehingga yang perlu diteliti adalah silinder Pneumatik dan sistem kerjanya, perhitungan gaya dan beban dari keseluruhan alat ini. Penelitian tambahan mencakupi bidang pengontrolan silinder Pneumatik melalui Personal Computer (PC)

1.3. Tujuan dan Manfaat

Tujuan dari pembuat alat ini adalah :
  1. Membuat SGD yang murah dan dapat diprogram
  2. Memahami cara kerja silinder Pneumatik dan sistem pengendalinya
  3. Memakahmi pemrograman Simulator Gerak Dinamis

Manfaat :

SGD yang dibuat dapat dipergunakan secara luas karena dapat diprogram sesuai keinginan pemrogram
Pengembangan dari sistem ini dapat diterapkan pada Dinamic Motion Theatre ataupun sebagai alat penunjang sistem kenyataan semu (Virtual Reality)

  1.4.  Metodologi Penelitian

Dalam penyusunan makalah ini, digunakan metode penelitian kepustakaan dan penelitian laboratorium. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan mencari dan mempelajari buku-buku yang menunjang materi pembahasan. Penelitian Laboratorium dilakukan dengan mengadakan percobaan, pengujian serta menganalisa masing-masing modul. Kemudian mengintegrasikan hasil penelitian perangkat keras dengan perangkat lunak pengendali sistem sehingga menjadi satu sistem yang utuh.


Demikian contoh pendahuluan skripsi , mudah-mudahan dapat memberikan manfaat.