MEMBUAT ARTIKEL BLOG SECARA OFFLINE



membuat artikel blog secara offline

Membuat artikel blog secara offline ~ Artikel blog atau postingan blog dapat kita buat secara offline dengan menggunakan aplikasi windows live writer yang merupakan sebuah aplikasi desktop publishing blog yang diperkembangkan oleh Microsoft. Dengan aplikasi ini jika Anda dapat menulis artikel langsung secara offline dari layar desktop tanpa harus login ke editor blog.

Tidak hanya menulis artikel,  dengan aplikasi ini Anda pun dapat memasukkan gambar / foto, link, tabel, video, peta, emoticon dan lainya secara offline, Hal ini tentu dapat menghemat quota internet sehingga untuk menulis saja tidaklah harus selalu konek ke internet dan hasil pembuatan artikel dapat disimpan di draft untuk dipublish dikemudian hari sesuka hati Anda.

Untuk melakukan ping pun bisa dilakukan melalui aplikasi ini yaitu dengan klik “Opsi plug-in (kanan atas), kemudian pilih “Server Ping”, Centang ping alamat. Pada kotak kosong isikan saja alamat website yang ingin dihubungkan dan klik “ok”.

Untuk mendapatkan / install Windows Live Writer ini sobat bisa kunjungi halamannya di situs Windows Live Writer yang akan secara langsung melakukan penginstallan ke komputer Anda. Selesai proses installasi maka nda akan diminta untuk memasukkan nama blog, username dan password. Jika ingin menambah blog untuk posting offline silahkan pilih “opsi” (tombol kecil kiri atas), klik “akun”  isilah nama blog dan alamat blog anda beserta password untuk login. Setelah itu lakukan seperti biasa saat menulis artikel.

Spesifikasi sistem yang diperlukan untuk install :

Supported Operating System Windows 7, Windows Server 2008, Windows Vista, Windows Vista Service Pack 1, Windows Vista Service Pack 2, Windows XP Service Pack 2, Windows XP Service Pack 3

Operating system: Windows XP Service Pack 2 (32-bit ) Windows Vista (32-bit or 64-bit ) Windows 7 (32-bit or 64-bit ) Windows Server 2008.

Processor: 1 GHz (min) for Windows 7,  Windows Vista;

800 MHz (min) untuk Windows XP.

Memory: 512 MB RAM (Windows 7),  128 MB(Windows Vista) 128 MB (256 MB atau lebih (recommended) untuk Windows XP

Resolution: Minimum 1024 x 768

Jangan lupa menginstall Microsoft .NET Framework 2.0 or higher (Tidak diperlukan jika menginstal pada Windows 7 atau Windows Vista.)

Dan cara menulis offline menggunakan windows live writer ini saya temukan beberapa kelebihan dan kekurangannya antara lain :

Kelebihan menulis artikel secara offline menggunakan windows live writer :
1. Tidak harus online , bandwidth internet dapat dihemat
2. Dapat disimpan didraft
3.Dapat melakukan ping
4. Dapat mengetahui jumlah kata yang telah ditulis
5. Dapat mengetahui ejaan yang salah

Kekurangan menulis artikel secara offline menggunakan windows live writer :
1. Tidak dapat memberikan heading h2, h3, h4
2. Jika ingin edit artikel harus online
3. Tidak bisa edit html secara online 
4. Sulit menautkan link antar artikel dalam satu blog

Dengan adanya windows live writer ini, pembuatan artikel sangatlah terbantukan dan sebagai contoh artikel ini pun dibuat menggunakan windows live writer.
Demikianlah postingan membuat artikel secara offline , semoga dapat memberikan manfaat, salam blogger