PENGERTIAN, FUNGSI DAN JENIS JENIS PRINTER MURAH



Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis printer ~ Tentunya anda sudah tahu yang namanya printer bukan ?, ya printer adalah alat untuk mencetak hasil kerja dari komputer pada media kertas atau sejenisnya. Saat ini berbagai macam tipe printer sudah banyak beredar di pasaran, dari yang bentuk cetakannya sederhana hingga dapat berwarna-warni harganya pun bervariasi, ada printer murah ada juga printer yang mahal.

Pengertian printer secara umum

Printer adalah suatu alat yang terhubung ke perangkat komputer dan mencetak hasil kerja komputer baik berupa teks, gambar ke media kertas atau sejenisnya. Proses tersebut diperintahkan oleh komputer dan dikeluarkan melalui paralel port untuk melaksanakan tugasnya yaitu mencetak.

Fungsi printer secara umum

Fungsi printer adalah sebagai alat pencetak hasil output dari perangkat komputer dapat berupa teks, karakter, gambar, warna pada media kertas.

Jenis jenis printer yang beredar di pasaran

Banyak sekali jenis-jenis printer yang sudah beredar di pasaran, ada yang bekerja berdasarkan sistem pantekan (dot matrix ) ada pula yang bekerja berdasarkan semprotan tinta (ink). Untuk lebih spesifik saya akan jelaskan jenis-jenis printer di bawah ini :

1. Printer dot matrix
Printer kategori ini menggunakan pita sebagai tinta, dan pin yang berfungsi sebagai alat pemukul untuk mencetak pada bidang kertas berupa titik titik kecil yang merangkai menjadi karakter. Oleh sebab itu hasil cetakan printer ini terlihat kasar dan kurang bagus. Printer ini hanya menghasilkan warna tunggal sesuai dengan warna dari pita yang dipasangkan, biasanya warna merah atau hitam. Kecepatan jenis printer ini sekitar 500 cps (character per second).
printer dot matrix

Kelebihan :
~ lebih murah harganya
~ dapat mencetak lebih dari 1 rangkap sekaligus
~ Pita printer relatif murah

Kekurangan :
~ mengeluarkan suara bising saat mencetak
~ lambat proses cetaknya
~ Tidak bervariasi hasil cetakannya
~ Hasil cetaknya kasar

artikel terkait : modem

2.Printer InkJet
Printer jenis ini sudah menggunakan media tinta yang telah terisi pada suatu media penyimpanan dan siap menyemprotkan titik-titik dengan warna-warna kombinasi yang diperintahkan oleh komputer. Karena menggunakan sistem semprotan maka hasil yang didapatkan lebih baik kualitasnya daripada dot matrix karena resolusi jenis printer hingga mencapai 5760 x 1440 dpi. Tinta yang disemprotkan dapat dengan cepat mengering dalam hitungan detik.

printer inkjet.

kelebihan jenis printer ini :
~ Hasil cetaknya lebih cepat dibanding dot matrix
~ Kualitas cetaknya cukup baik
~ Tidak bising ketik mencetak

Kekurangan jenis printer ini :
~ Harga relatif lebih mahal dibanding dot matrix
~ Tinta printer relatif mahal
~ Tidak dapat mencetak lebih dari 1 rangkap

3. Printer Laser
Sesuai dengan namanya laser, jenis printer ini sangat bagus kualitas cetakannya dibanding kedua jenis di atas. Sistem pencetakannya menggunakan infra merah melalui toner. Karena sistem yang mirip dengan fotocopy, maka hasil yang didapatkan jauh lebih bagus dan berkecepatan tinggi..

printer laser

kelebihan :
~ Kecepatan cetak tinggi
~ Hasil cetak sudah sangat baik
~ Tidak bising

Kelemahan :
~ Cepat panas
~ Harga relatif lebih mahal
~ Tinta cepat habis

4. Printer thermal
Tehnik yang digunakan printer ini adalah mengeluarkan panas untuk setiap pin pada head print yang akan mencairkan lilin dan melekatkan pada kertas yang khusus. Prinsip kerja printer ini mirip dengan printer dot matrix hanya saja printer thermal menggunakan panas pada pin nya.

printer thermal

Kelebihan :
~ Bentuknya relatif kecil
~ Cepat dalam mencetak
~ Harga relatif mahal
~ Tidak bising

Kelemahan :
~ Harus menggunakan kertas khusus
~ Tidak bisa mencetak kertas lebar

5. Plotter
Jenis printer ini keakuratan pencetakan sangatlah dapat diandalkan  biasanya digunakan untuk mencetak gambar-gambar berukuran besar

printer plotter

kelebihan :
~ dapat mencetak kertas yang lebar
~ Kecepatan cetak sangat baik
~ Kualitas cetak sangat baik
~ Tidak bising

Kekurangan :
~ Harga relatif mahal
~ Memakan tempat
~ Boros tinta

Itulah penjelasan dari beberapa macam printer, semoga artikel pengertian, fungsi dan jenis jenis printer murah dapat memberikan manfaat, salam blogger.