Cara Membuat Blog Gratis dan Menggunakan Blog Pribadi

Cara membuat blog gratis dan menggunakan blog pribadi. Saat ini blog atau website pribadi semakin hari semakin banyak,  tumbuh dan berkembang dalam dunia internet, karena banyak sekali fungsi dan kegunaan sebuah blog. Dari sekedar hobby menulis, berbagi tutorial hingga mencari uang di internet juga dapat menggunakan blog sendiri. Jadi intinya sebuah blog dapat memberikan manfaat sesuai dengan keinginan pribadi anda sendiri.

Untuk membantu para blogger pemula yang ingin mengetahui cara membuat blog sendiri dan juga belum tahu cara menggunakan blog sama sekali maka blog ini bermaksud untuk memberikan langkah-langkahnya. Ikuti saja panduan cara membuat blog dan menggunakan blog di bawah ini ya.

Nah untuk membantu mempermudah menjelaskan cara membuat blog dan menggunakan blog saya akan menggunakan platform dari blogger.com yang bisa digunakan secara gratis.

Cara Membuat Blog Gratis

1. Sebelum memulai cara membuat blog, Siapkan email anda terlebih dahulu, jika belum memiliki email silahkan baca artikel cara membuat email untuk membantu anda membuatnya.

2. Setelah email anda sudah dibuat silahkan langsung ketik alamat www.blogger.com pada browser anda, isi alamat email dan password anda (sama dengan email yang dibuat tadi) kemudian tekan  Enter.

cara membuat blog gratis dan menggunakan blog pribadi
cara membuat blog gratis
3. Pilih bahasa yang akan digunakan, kemudian klik lanjutkan.

cara membuat blog gratis
cara membuat blog gratis

4. Klik tulisan 'blog baru' seperti yang ditunjuk pada gambar di atas.

cara menggunakan blog
cara membuat blog gratis

5. Isi judul untuk nama blog anda nantinya, usahakan judulnya sesuai dengan thema blog yang ingin anda buat. Jangan terlalu panjang juga, contoh judul blog ini adalah belajar menjadi blogger. Jika alamat blog yang diisi di kolom belum ada yang menggunakannya maka akan ada tampilan pesan 'alamat ini tersedia'. Berarti alamat tersebut bisa anda gunakan untuk nama blog anda.

6. Kemudian pilih template yang ada di bawahnya sesuai dengan keinginan anda, saran saya pilih yang simple saja untuk memulainya, karena template ini bisa anda ganti sewaktu-waktu nanti. Baca juga cara mengganti template blog untuk membantu anda mengganti template tersebut.

Jika sudah ada pilihan template klik saja buat blog. Sampai di sini blog anda sudah jadi dan tentunya anda sudah bisa mulai menggunakan blog anda tersebut. Sobat blogger juga bisa membaca artikel cara membuat blog di wordpress jika ingin tahu cara membuat blog dari platform wordpress.

Cara Menggunakan Blog

Langkah selanjutnya setelah tahu cara membuat blog, maka tinggalah bagaimana cara menggunakannya. Ketik www.blogger.com pada browser anda dan tekan Enter.

Sekarag anda akan masuk ke menu utama blogger, sebelum memulai untuk menulis maka perlulah melakukan setting dasar pada blog anda. Perhatikan gambar di bawah ini , klik saja kolom tengahnya, arahkan ke bawah dan pilih setting / setelan (terletak bagian bawah blok ini)  anda akan diarahkan ke setelan dasar.

cara membuat blog gratis dan menggunakan blog
cara menggunakan blog

Isi saja kolom deskripsi tersebut dengan deskripsi blog anda, jadi orang lain akan mempunyai gambaran isi blog anda jika membaca deskripsi tersebut. Kemudian klik edit pada kolom privasi settingannya harus terlihat seperti gambar di bawah ini, agar mesin pencari dapat menelusuri blog anda nantinya. Klik simpan perubahan.

cara menggunakan blog

Kembali ke menu setting, pilih penelusuran dan anda akan lihat menu seperti gambar di bawah ini, isi deskripsi anda sekali lagi. Isi saja seperti deskripsi sebelumnya. Jangan isi kolom kesalahan dan pengalihan, langsung klik edit pada bagian robots.txt.

cara membuat blog pribadi

Isilah kolom yang kosong dengan teks di bawah ini

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

Sitemap:http://alamatblog.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated&max-results=400

Ganti teks berwarna merah dengan alamat blog anda dan simpan perubahan, dan kini anda sudah siap untuk membuat artikel sesuka hati anda.

Untuk membuat artikel anda klik saja gambar pensil yang ada di bagian atas menu utama / dashboard. Isi Entri tersebut, itu akan menjadi judul artikel anda, tulislah pada bidang kosong bagian tengah yang akan menjadi isi artikel blog anda. Setelah selesai menulis jangan lupa klik simpan (biasanya otomatis menyimpan)

Hasil sementara anda dapat dilihat jika klik pratinjau, menu di samping layar anda.  Isikan juga label artikel anda yang akan menandakan kategori artikel yang sedang dibuat misalnya blogspot, resep, tips, tutorial, bisnis dan lain lain sesuai dengan kata kata anda sendiri.

Lewati menu jadwal, jangan diisi. Klik menu Link, jika judul blog anda pendek maka biarkan saja ia bekerja secara otomatis, tetapi jika judul panjang harus anda dapat menggunakan tautan permanen khusus kemudian isi saja judul artikel anda dengan di selingi tanda ' - ' pada setiap kata.  Kosongkan tautan lampiran, lewati saja dan klik selesai.

Kemudian klik lagi deskripsi penelusuran pada bagian bawah menu sebelumnya, isilah deskripsi singkat tentang isi artikel anda, dan ini akan membantu mesin pencari untuk menelusuri artikel tersebut, jika sudah klik selesai. Lewati menu pilihan, dan menu tag robot khusus biarkan dalam kondisi default saja.

Pada bagian menu atas terdiri dari beberapa bagian, bagian teks, bagian link, bagian gambar.  Perhatikan gambar di bawah ini

cara membuat blog gratis dan menggunakan blog pribadi

Penggunaan link pada nomor 1 adalah meletakan link sesuai dengan kebutuhan, misalnya anda menginginkan suatu teks dapat ditautkan dengan link maka kliklah nomor 1 tersebut.

cara membuat blog gratis

Isi text display yang akan berubah menjadi link, isi alamat link yang dituju, klik open this link in a new window jika ingin terbuka jendela baru jika link tersebut diklik. Jika ingin link tersebut berbentuk dofollow maka biarkan saja jangan dicentang. Jika selesai klik ok maka test tersebut akan langsung berisi tautan.

Selanjutnya pada gambar nomor 2 adalah digunakan untuk upload gambar pada artikel anda, Jika artikel anda ingin disisipi gambar silahkan menggunakan menu ini. Klik saja pilih file dan pilih file gambar yang ada di direktori pc. Jika anda telah mengetahui url gambar tersebut bisa menggunakan menu 'from url'. Setelah itu klik 'add selected' dan gambar akan diupload pada artikel. Usahakan gambar yang diupload tidak terlalu besar filenya (usahakan jangan melebihi 25 kb) jika terpaksa untuk melebihi sobat blogger bisa kompress gambar tersebut.

Jika artikel dirasa sudah cukup dan selesai dibuat maka lakukanlah publikasi dengan meng-klik menu publikasikan pada menu dashboard.

Jangan lupa submit artikel ke mesin pencari, bacalah artikel cara mendaftarkan sitemap ke google  untuk membantu anda agar artikel dapat terbaca oleh mesin pencari.

Banyak sekali kegunaan sebuah blog antara digunakan untuk menghasilkan uang, sebagai tempat curhat, tempat cerita, membuat toko online, bahkan sebagai sumber berita, dan masih banyak lagi kegunaan dari blog.
Demikianlah artikel bagaimana cara membuat blog gratis dan menggunakan blog di blogspot, semoga dapat memberikan manfaat , salam blogger.


38 Responses to "Cara Membuat Blog Gratis dan Menggunakan Blog Pribadi"

  1. sangat membantu sekali mas, terutama bagi kami yang sedang dalam tahap belajar membangun blog.

    kalau misalkan robot text khusus-nya tidak diaktifkan, apa bisa berdampak buruk pada blog mas ?
    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hanya berfungsi untuk memblok tujuan pencarian khusus saja sob, misalnya tidak ingin terakses pada sosial bookmark dengan setting noodp. Jadi baiknya di aktfikan saja pada settingan default.

      Hapus
    2. mas hengki , aduhhhh masih bingung nihhhh .. aku masih baru .... btw makasih atas sharing nya ...

      Hapus
    3. Lah.. pegangan aja deh..wkwkwk.. trims atas kunjungannya sob

      Hapus
  2. Artikel yang berkualitas :)
    Thanks master :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas Luthfi, tapi saya bukan master loh.. masih newbie yang sedang belajar, Mohon tuntunan dari Anda , sukses selalu buat anda

      Hapus
  3. satu hati datang berkunjung :)
    http://www.leitekatze.com/

    BalasHapus
  4. cara membuat menu (home, daftra isi, support, TvOnline,dll) kayak blog anda gimana ya??
    mohon bantuan >.<
    kirim ke (surotulrohma69@gmail.com) yakkk!
    PLEASEEEE >.<

    BalasHapus
  5. terima kasih informasinya Gan
    www.dutistraining.com

    BalasHapus
  6. terimakasih.. sangat membantu

    BalasHapus
  7. Makasih cara membuat blog gratisnya gan,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Uvi, Marcelino, Wenang, sAtria terimakasih atas kunjungannya yo

      Hapus
  8. Mantab Gan..
    http://dafaorganizer-solo.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. nice info mas, salam kenal.....

    BalasHapus
  11. Gan, kok waktu mau ngeposting foto ga. Bisa ya? Ditulis Pengunggahan gagal : ditolak server

    Kira" Kenapa tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan masalah koneksi internet sob,

      Hapus
  12. mas cara mengembang kan web site bagus kayak okezone.com dll , gymna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya mungkin bisa mulai menulis dari informasi berita yang mudah dan ringan-ringan saja dan sedikit demi sedikit bekerjasama dengan teman yang lain untuk mengisi berita atau menjadi penulis di website Anda semakin lama semakin ditambah jumlah penulis beritanya, akan tetapi pengembangannya perlu dana tidak sedikit, tapi tidak ada yang tidak mungkin dilakukan sob, tetap semangat saja dan berjuang

      Hapus
  13. Blogger memang keren gan dan juga sangat mudah untuk dikelola.
    Comeback ya: http://catatan-lingga.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sob, Kebanyakan pemula memulai blogging melalui blogger. Terimakasih atas kunjungannya

      Hapus
  14. mas masih bingung pengaturannya

    BalasHapus
  15. Mas, waktu nekan tombol "buat blog!" muncul
    "Halaman yang Anda minta tidak valid"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan alamat blog yang Anda inginkan sudah terisi dengan benar sob

      Hapus

TERIMAKASIH SUDAH BERKOMENTAR DI BLOG INI, BERIKAN G+ 1 JIKA ANDA MERASA ARTIKEL INI BERMANFAAT, DAN MAAF JIKA ADA KOMENTAR YANG TIDAK TERBALASKAN OLEH SAYA