Cara Membuat Blog Sendiri Dan Mengganti Domain Menjadi .Com


Cara Membuat Blog Sendiri Dan Mengganti Domain Menjadi .Com

Alternative Link : [ Click Here ... ]
Cara membuat blog sendiri dan mengganti domain menjadi .com.~ Setiap pribadi blogger pasti ingin bikin blog nya bagus, dan keren tentunya. Suatu blog dapat merupakan bentuk pencerminan pribadi seseorang yang dituangkan ke dalam blog. Misalnya keinginan membuat blog sendiri yang keren dan unik, serta merubahnya dengan domain .Com. Cara mengganti domain blogspot menjadi .Com pasti memerlukan suatu pengalaman ataupun pengetahuan yang tentunya tidak dimiliki oleh pemula yang baru bergabung ke dunia blogger dan harapan saya setelah anda membaca panduan membuat blog di bawah ini diharapkan tahu cara membuat blog sendiri dengan mudah ataupun membuat blog saudara menjadi keren. Langsung saja kita to the point cara membuat blog :

Cara membuat blog

1. Untuk memulai cara membuat blog, Persiapkan email anda terlebih dahulu, Silahkan baca cara membuat email jika belum tahu caranya.

2. Kunjungi situs www.blogger.com,

cara membuat blog sendiri
cara membuat blog
3. Isi email dan password, klik sign in, abaikan tulisan pojok kanan atas. Cara membuat blog sendiri ini kita gunakan penyedia dari blogspot. Jika anda ingin tahu cara membuat blog menggunakan wordpress silahkan baca artikel cara membuat blog wordpress.

cara membuat blog sendiri 2

4. Klik pojok kanan atas untuk memilih bahasa yang akan digunakan, kemudian klik lanjutkan ke blogger.

cara membuat blog sendiri 3

5. Kemudian langkah selanjutnya cara membuat blog sendiri adalah klik saja Blog Baru. Terbuka jendela pilihan untuk mengisi judul blog dan alamat blog saudara, usahakan jangan melebihi 15 karakter. Jika alamatnya belum digunakan orang lain maka akan terbaca 'alamat ini tersedia'.

cara membuat blog sendiri 4

6. Setelah mendapakan alamat, saudara harus memilih template sebagai bentuk penampilan blog anda. Pelajarilah cara mengganti template blog agar dapat mengganti template dilain waktu. Jika sudah mendapat pilihan template silahkan klik 'Buat blog'. Kini blog sudah jadi, anda sudah dapat berkreasi menulis sesuai dengan kreatifitas yang anda miliki sendiri.

artikel terkait : cara membuat website

Cara mengganti domain blogspot

Mengganti domain blogspot atau mengubah custom domain blogspot menjadi .com merupakan hal yang sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja anda perlu memiliki domain terlebih dahulu. Banyak penyedia layanan domain, dalam hal ini saya akan menggunakan contoh layanan dari IDwebhost. Untuk Penyedia lain tidaklah berbeda jauh asalkan diperhatikan langkah-langkahnya dengan teliti dan sabar.

Berikut cara mengganti domain blogspot anda :

1. Masuk Dashboard blogger klik menu Setelan --> dasar --> klik + tambahkan domain khusus

cara mengganti domain

2. Isi nama nana domain yang sudah anda sewa tadi pada kolom kosong  " http:// ..... "

cara mengubah domain

biarkan host file pada settingan 'tidak' kemudian klik simpan. Setelah itu akan ada peringatan error "kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan ...." dari settingan tersebut. Hal ini dikarenakan DNS domain yang belum berhasil diconnect dengan blogspot tersebut. Jadi abaikan saja peringatan seperti itu.
Perhatikan juga ada kode unik yang didalam peringatan itu, misalnya www + ghs.google.com (kode unik pertama) dan pfyw7gw + xyz.hqert.mdian.dv.googlehosted.com (kode unik kedua ) dan kode ini akan dipergunakan untuk setting CNAME nantinya.

3. Login CPanel Domain Anda , akses saja http://idwebhost.com/manage
Langsung klik kelola -> kelola domain -> manage dns

mengganti custom domain menjadi .com

cara membuat blog sendiri dan mengganti domain menjadi .com

klik saja manage dns

manage dns

4. Setting CNAME Records

Klik CNAME records -> tambah CNAME record


cname records

input dengan 2 kode unik pertama (warna biru)yang didapat dari dashboard blogspot Anda (perhatikan peletakkannya di gambar) dan klik tambah record



Selanjutnya ulangi lagi langkah seperti di atas hanya isikan saja 2 kode unik kedua (warna merah) pada kolom yang tersedia dan klik lagi tambah record. Dan klik saja tanda + pada kotak bagian kanan atas.

5. Klik tab A records pada kelola domain, setelah masuk isikan 4 buah IP secara bergantian yaitu :

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.34.21
216.239.38.21

isi ip di atas seperti format pada gambar di bawah sebanyak 4x  dan klik tambah record ( input satu per satu)

isi ip address
6. Setting Name server khusus

Setelah setting 4 ip tadi kini harus setting name server juga yaitu :

dns1.idwebhost.biz
dns2.idwebhost.biz
dns3.idwebhost.org
dns4.idwebhost.com

Dan untuk setting name server kita gunakan cara otomatis saja yaitu dengan meng-klik tulisan link warna biru "disini" pada cpanel manage dns, seperti tampak pada gambar di bawah ini :


sampai di sini setting DNS domain telah selesai dilakukan, biasanya harus tunggu hingga 5-6 jam untuk proses propagansinya. Dan Add domain lagi seperti langkah 1 dan 2 hingga selesai, klik simpan. Jika domain anda sukses di approve maka tidak akan ada error cname seperti sebelumnya.

7. Setting redirect
Setelah sukses add domain anda, langkah selanjutnya adalah setting redirect domain dari blogspot menjadi .com. Ikuti saja petunjuk seperti pada gambar di bawah agar lebih jelasnya.

setting alamat blog

setelan lanjutan


Dan selesai sudah mengganti custom domain menjadi .com,  jangan khawatir juga jika mengubah domain anda akan kehilangan pengunjung, sebab server akan secara otomatis akan me-redirect alamat blog lama ke alamat blog baru tersebut, termasuk juga backlink yang sudah tertaut pada blogspot tersebut.

Setelah saudara mengetahui cara membuat blog sendiri dan telah mengganti domain menjadi .com, pelajari juga cara optimasi seo agar dapat meningkatkan traffik pengunjung blog anda.

Demikian artikel cara membuat blog sendiri dan mengganti domain menjadi .com, semoga dapat memberikan manfaat. Salam blogger




Cara Membuat Blog Sendiri Dan Mengganti Domain Menjadi .Com

Alternative Link : [ Click Here ... ]

107 Responses to "Cara Membuat Blog Sendiri Dan Mengganti Domain Menjadi .Com"

  1. Ternyata mudah juga,biasanya saya disettingkan sama mereka,terima kasih ini mas saya kira susah tapi setelah lihat tutorialnya jadi malah mudah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. broo, itu mksd dri domain yg sudah di sewa bgaimna?

      Hapus
    2. Maksudnya mengganti blogspot yang gratis dengan nama lain , misalnya .com , .net. .co.id atau lainnya sob. semua ini harus disewa, kalau blogspot.com kan gratis

      Hapus
    3. om saya udah sewa domain trus cara menjadikan blogspot ke dot com nya gimana?

      Hapus
    4. Ikuti petunjuk di atas sob, atau hubungi penyewa domain untuk membantu Anda setting

      Hapus
    5. ane sudah sewa domain tapi harus mengeset DNS zone editor,itu settingan DNS zone editornya giman?

      Hapus
    6. Ya harus set CNAME untuk mengkaitkan server ke blog, coba hubungi saja pihak Idhostinger sob, pasti mereka dengan senang hati membantu Anda

      Hapus
    7. Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 14. Apa arti pesan ini sob? saya sudah ikuti langkahnya. Salam dari http://tokosoftwarefamikom.blogspot.com

      Hapus
    8. minta login dan password idwebhost donk

      Hapus
    9. username dan password idwebhost dapat dari mana?

      Hapus
    10. silahkan kawan itu sudah terbukti pokoknya mantab dah

      Hapus
    11. @Rex : username dan password akan diberikan melalui email sob

      Hapus
  2. gan tanya dong, kalo kita bikin blog sendiri udah sampe step 6, terus itu domainnya masih belum jadi.com ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum sob, harus sewa domain dahulu

      Hapus
    2. cara sewa domain gmna ..?

      Hapus
    3. Hubungi penyedia sob, misalnya ke idhostinger, idwebhost dan banyak lagi

      Hapus
  3. terus gan, itu apa yang harus kita isi di domainnya ya, bisa kasih contohnya?
    mohon pencerahan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sewa domain terlebih dahulu, setelah mendapatkan nama domain, maka langsung isi kolom tersebut, boleh saja domain bentuk lain misalnya net, web.id. Tetapi di sini kita bahas yang .com saja sob.
      Contoh anda sewa domain dan namanya adalah nama_domain.com, langsung isi saja kolom tersebut. Dan tunggu resolve dari provider.

      Hapus
    2. kalo sewa domain itu, kita ada bayar atau ga gan?

      Hapus
    3. "sewa" tentu bayar lah kecuali "minta"

      Hapus
  4. tq plajaranya,,, bs dpljari ni,
    domain itu nyewa yaa,,,

    BalasHapus
  5. benar sob, harus sewa terlebih dahulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan hengky enak ikuti blog agan kasih cara = gambarnya jadi lebih mudah di terima masih blajar.blog saya banyak tapi isinya promosi.lumayan sih bisa tampil di halaman depan google.yang ingin sy tahu klo blogspot di ganti com kita ganti sendiri nich byr sewanya ke mana? apa gan bedanya blogspot dgn pakai com.toh pakai blog iklan bisa tampil di depan yg pakai wordpress kadang di belakang.tak daftarkan google adsense di tolak gan apa krn isinya iklan ya.nyaingi adsword.

      Hapus
    2. Terimakasih atas apresiasinya sob, Banyak yang memberikan jasa sewa domain sob misalnya idhostinger, idwebhost, 000webhost dll, kalau sudah sewa tinggal setting saja.
      Kalau perbedaan : suatu blog atau website menggunakan domain .com lebih terlihat profesional .
      Memang tidak mudah untuk menjadi publisher dari Google sob, banyak yang harus dapat ditempuh sebagai syarat , tetapi bukan tidak mungkin untuk tidak ditolak. Kalau menurut saya mungkin google lebih suka blog yang berniche seperti blog anda tentang promosi

      Hapus
  6. Balasan
    1. hubungi saja penyedia layanan yang menyewakan domain sob

      Hapus
  7. saya akan coba cara membuat blog sendiri pak, terimakasih sudah share

    BalasHapus
  8. Ne situs domainnya bro http://www.indowebhoster.com, coba ajha!

    BalasHapus
  9. mas hengki, saya ada rencana mengganti ,blogspot blog saya menjadi domain saya sendiri, tapi apa setelah saya mengganti domain saya ,ada masalah dengan iklan adsense saya sekarang ini. terimakasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira yang pasti adalah penurunan sementara trafik blog, alexa rank yang akan mempengaruhi adsense anda.

      Hapus
  10. gan ko muncul text warna merah : Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 12.
    itu kenapa yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu terjadi karena anda belum mempunyai domain sob. Harus sewa domain terlebih dahulu, baru bisa mengganti domain menjadi .com

      Hapus
  11. malam agan maaf mau tanya nih.
    Maksudnya sewa domain it gimana dan dimana ya gan.?
    Mohon pencerahannya.
    Hehe.
    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gini sob, sewa domain itu untuk mendapatkan domain .com jadi blog sekarang yang berdomain blogspot diganti menjadi .com, nah kalau sewa domain seperti itu banyak sekali penyedianya, bisa search di browser dengan kata kunci sewa domain.

      Hapus
  12. Numpang ngikuti blog anne ya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sob sudah berkunjung ke artikel cara membuat blog sendiri, semoga bermanfaat

      Hapus
  13. Bisnis gratiss !!!!
    cuma butuh register > verifikasi sms 1 kali > sebar link referal > paid
    satu orang register dan verifikasi nomor hp dapet $0.01
    atau mau invest ??
    Rp.100 ribu selama 100 hari jadi Rp.600 ribuan
    bisa di tarik via bank lokal juga !!!!
    daftar di link" berikut (pilih salah satu)

    http://indoboclub.com/?ref=rifaiahmad

    BalasHapus
  14. terimakasih atas infonya teman....

    BalasHapus
  15. saya mau tanya mas, sekiranya saya sewa domain itu lamanya 1 tahun ya? trus kalo setelah 1 tahun gak sanggup sewa domain tersebut jadinya gimana mas? domain saya kembali ke blogspot kah? domain yang sewa hangus ya mas?
    mohon pencerahannya ama tempat yang bagus untuk domain serta harganya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sob, domain anda bisa kembali blogspot lagi dan domain tersebut akan bisa dimiliki oleh orang lain jika tidak diperpanjang lagi. Dan serp blog anda akan cenderung menurun, tetapi jika anda kembali memperpanjang domain tersebut maka secara lambat laun serp akan kembali normal beserta backlink anda.
      Banyak sekali domain bagus sob, coba search saja di google yaa.

      Hapus
  16. Ada gak penyedia domain gratis bang??

    Pengen nyoba niih...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sob , silahkan kunjungi artikel
      http://hengkikristiantoateng.blogspot.com/2013/09/daftar-nama-situs-penyedia-domain-gratis-selamanya.html

      mudah-mudahan dari sana anda akan menemukan domain gratis yang cocok untuk membuat blog anda

      Hapus
  17. kalu udah sewa selama 1 tahun terus udah mau habis cara memperpanjang gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau perpanjang harus hubungi penyedia domain lagi sob,

      Hapus
  18. bagaimana dengan control panelnya gan? apa masih tetap menggunakan blogger? apakah dengan menyewa domain .com mempunyai batas waktu misalnya 1 tahun , nah pada tahun kedua bagaiman nasib domain tersebut apa harus bayar dan sewa lagi , terima kasih sebelumnya..salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah menyewa domain .com control panel tetap blogger. Kalau perpanjang biasanya ada yang lebih mahal tapi tetap harus diperpanjang atau pindah ke penyewa yang lain juga bisa.

      Hapus
  19. Terima kasih infonya. tapi saya pernah mencoba pakai domain web.id engga berhasil kenapa ya?


    Cepi Pahlevi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud engga berhasil yang bagian mana ya sob ?

      Hapus
  20. Salam Kenal!!
    Info yang bagus!!

    Jika sudah memiliki blog.., ayo kita dongrak peringkat blog kita di search engine!!
    Silahkan dapatkan buku "Tips dan Tricks Series Google SEO - Mendongkrak Situs Anda ke Peringkat Puncak pada Search Engine".

    Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas lainnya dari penerbit-penerbit kota pelajar Yogyakarta di : www.honbookstore.com
    Dapatkan diskon gede2an hingga 15%. :D

    Jangan lupa silahkan tinggalkan jejak alias komen di : Hon Book Store :)

    BalasHapus
  21. gan domain .com sama domain blogspot itu apa pengarunya sih , , , ,
    tolong balas ya gan, soalnye ane baru bikin blog wkwkwkwkwk . . . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling kelihatan adalah profesionalisme atau boleh dikatakan tngkat kepercayaan terhadapa .com lebih dihargai

      Hapus
  22. mas hk, bisa ga 2 blogspot.com pindah ke 1.com? matursembahnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya agak kurang paham maksud anda sob.

      Hapus
  23. thankyou artikelnya bro :D
    ane coba ya

    visit blog ane juga

    http://cyberindogamer.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya ente sudah bisa membuat blog sendiri ? wkwkw

      Hapus
  24. mas hengki saya kok masih bingung ya..,masih ijo mungkin ya di dunia ngeblog

    BalasHapus
  25. apa kl sudah .com nt ngeditnya masig di blogger mas!! http://funshop-kosmetik.blogspot.com/

    BalasHapus
  26. Good Trik

    Numpang Promosi Blog yah Gan,,, Dan tolong jga bimbingannya Maklum blogger pemula

    Kunjungi : http://berbagiuntukkalian.blogspot.com

    BalasHapus
  27. maz mau tanya ??jika blogger sudah jadi ,,kalau teman mau melihat blogger tersebut gmn caranny??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin maksud anda cara melihat blog yang sudah jadi, ketikan saja alamat blog anda sob

      Hapus
  28. gimana caranya supaya teman2 saya bisa mengetahui blog saya ,itu mengetik na gmana agan2 ,tolong penjelasan ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama buat blog anda dahulu ,
      Daftarkan ke google, ketik http://www.google.co.id/add_url.html di browser anda,
      Kaitkan dengan google plus anda sob, setting di profil G+ anda

      Kalau anda belum tahu cara menggunakan blog silahkan kunjungi artikel :
      http://hengkikristiantoateng.blogspot.com/2013/09/bagaimana-cara-membuat-blog-gratis-dan-menggunakan-blog-pribadi.html, mudah-mudahan dapat membantu anda. Kalau belum paham silahkan komentar di bawah lagi ya sob

      Hapus
  29. Blogger nih nak kena pandai coding ker?? sya dah try tapi macam tak berapa nak berjaya aaa...

    http://supernifzvitamin.com/

    BalasHapus
  30. bang hengky saya ada masalah nih.. domain udah beli. tapi pas mau ganti ada eror.

    "Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 14."

    Pada situs web pendaftar domain Anda, cari setelan Sistem Nama Domain (DNS) dan masukkan dua CNAME berikut:
    Bidang Nama, Label, atau Host Bidang Tujuan, Target, atau Mengarah Ke
    www ghs.google.com
    5w77psfetglw gv-mfa7xjzubfznpj.dv.googlehosted.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya biasanya harus menunggu 24 - 72 jam sob, dan juga harus setting DNS dan Cname pada domain,
      Sebaiknya hubungi penyedia domain untuk membantu anda mensettingnya, soalnya setting domain perlu hati-hati dalam setting CNAME dan A. yang akan menautkan ghs google, kode unik google, alamat ip server.
      Kalau boleh tahu anda membeli domain dengan penyedia yang mana ?

      Hapus
    2. beli nya udah lama bang.. domain dari indowebhoster.
      mau setting domain bingung soalnya cuma nemu edit name servernya aja.
      hubungi cs nya via ym juga ga dibales bang.

      Hapus
    3. Gini aja sob, coba masuk ke blog anda yg ada ghs google itu... di situ ada petunjuk setting domain, coba aja pelajari

      Hapus
  31. Bang gimana caranya y bang, ganti nama domain gratis, ane gak pernah sukses nih bang. Bls

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus setting DNS hosting gratis tersebut sob

      Hapus
  32. Ms Berow,,, Beli subdomain yg paling murah dimana yahh?.


    trs klo untuk memperpanjang kita harus tetap di tempat penyewa domain td atau ke penyewa lain juga bisa?



    cek
    sologaya.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Search di google , masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya sob, Kalau perpanjang bisa dari tempat awal sewa atau di tempat baru juga bisa.

      Hapus
  33. Maap gan ane udah ada domain idhostinger tapi ga ngerti cara mensetting DNSnya,ada yang tau ga biar blog saya jadi dot com?terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tidak mudah setting DNS sob, Harus set CNAME nya , coba hubungi pihak idhostinger pasti dibantu

      Hapus
  34. SANGAT MEMBANTU....JADI INGIN UBAH JADI .COM

    IJIN MOHON JEJAKNYA DI

    acuk37.blogspot.com

    BalasHapus
  35. wes mantap!! ane juga buat artikel yang kira-kira sama,,, mengubah blogspot menjadi domain coba cek disini, siapa tahu agan-agan lagi nyari:

    http://www.rahmatdi99.com/2014/01/mengubahmengganti-blogspot-menjadi.html

    BalasHapus
  36. bro... ini anda menyampaikan cara tentang mengganti domain. kok blog anda sendiri gak berganti domainnya bro?? bagaimana nih??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah mengganti domain pada blog saya yang lain, tapi kalau blog ini masih dalam rencana bro.

      Hapus
  37. wah.. agak lumayan memutar otak ya bang. ya ga ada salahnya mencoba. hehehe
    oya kunjungan balik ya gan....

    BalasHapus
  38. kalau sudah berganti com ...apakah blognya masih berfungsi ...mas ? dan apakah dikenakan pembayaran oleh blogger
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Anda menggunakan server blogger berarti hanya membayar domain saja sob dan blog tetap berfungsi seperti sediakala, tetapi jika menggunakan server diluar blogger maka harus membayar server dan domain.

      Hapus
  39. gan ko ane pas nyewa jadinya bukan .com malah .esy.es gan ?maksudnya gimana tuh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda harus menyewa domain berbayar sob, kalau yang Anda dapatkan adalah yang gratis

      Hapus
  40. oh iya ane juga udah isiin kode sama ipnya gan ,tapi name servernya dimana ?tampilan yang agan share beda ama idhostinger

    BalasHapus
    Balasan
    1. name server akan didapatkan jika Anda menyewa domain berbayar sob, tapi kalau seperti hostinger yang Anda maksud adalah yang gratis jadi tidak mendapatkan nameservers tersebut.

      Hapus
  41. Lumayan rumit juga ya bro settingannya..
    Ijin ya gan saya harus copy ini artikel biar dapat dibaca berulang-ulang
    kalau lagi offline..
    salam kenal aja gan

    BalasHapus
  42. lumayan rumit gan, tapi makasih infonya. jadi tambah ilmu...

    BalasHapus
  43. bos untuk mengedit Atribusi blog menjadi seperti ini

    contoh
    ( Copyright @2012 Belajar Menjadi Blogger |. Powered by Blogger) caranya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk ke menu blogger, klik tataletak / layout, pilih attribusi klik edit
      silahkan dicicipi sob

      Hapus
  44. Terimakasih banyak mas sangat membantu

    BalasHapus
  45. saya tidak punya kredit kard minta username sama password nya

    BalasHapus
  46. kalau anda tau cara buat blogspot.com menjadi .com kenapa anda tidak menggunakannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah menggunakannya di blog saya yang lain sob, kalau yang ini saya masih tetap saya pertahankan

      Hapus
  47. kok gw gak bisa masuk ke "http://idwebhost.com/manage" gan?
    *mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus sewa domain terlebih dahulu sob, nanti baru bisa entry dan akan diberikan link di email Anda

      Hapus
  48. Thanks sob, aku mau cb skrg , mog berhasil

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH BERKOMENTAR DI BLOG INI, BERIKAN G+ 1 JIKA ANDA MERASA ARTIKEL INI BERMANFAAT, DAN MAAF JIKA ADA KOMENTAR YANG TIDAK TERBALASKAN OLEH SAYA