Cara Membuat Blog Sendiri Dan Mengganti Domain Menjadi .Com



Cara membuat blog sendiri dan mengganti domain menjadi .com.~ Setiap pribadi blogger pasti ingin bikin blog nya bagus, dan keren tentunya. Suatu blog dapat merupakan bentuk pencerminan pribadi seseorang yang dituangkan ke dalam blog. Misalnya keinginan membuat blog sendiri yang keren dan unik, serta merubahnya dengan domain .Com. Cara mengganti domain blogspot menjadi .Com pasti memerlukan suatu pengalaman ataupun pengetahuan yang tentunya tidak dimiliki oleh pemula yang baru bergabung ke dunia blogger dan harapan saya setelah anda membaca panduan membuat blog di bawah ini diharapkan tahu cara membuat blog sendiri dengan mudah ataupun membuat blog saudara menjadi keren. Langsung saja kita to the point cara membuat blog :

Cara membuat blog

1. Untuk memulai cara membuat blog, Persiapkan email anda terlebih dahulu, Silahkan baca cara membuat email jika belum tahu caranya.

2. Kunjungi situs www.blogger.com,

cara membuat blog sendiri
cara membuat blog
3. Isi email dan password, klik sign in, abaikan tulisan pojok kanan atas. Cara membuat blog sendiri ini kita gunakan penyedia dari blogspot. Jika anda ingin tahu cara membuat blog menggunakan wordpress silahkan baca artikel cara membuat blog wordpress.

cara membuat blog sendiri 2

4. Klik pojok kanan atas untuk memilih bahasa yang akan digunakan, kemudian klik lanjutkan ke blogger.

cara membuat blog sendiri 3

5. Kemudian langkah selanjutnya cara membuat blog sendiri adalah klik saja Blog Baru. Terbuka jendela pilihan untuk mengisi judul blog dan alamat blog saudara, usahakan jangan melebihi 15 karakter. Jika alamatnya belum digunakan orang lain maka akan terbaca 'alamat ini tersedia'.

cara membuat blog sendiri 4

6. Setelah mendapakan alamat, saudara harus memilih template sebagai bentuk penampilan blog anda. Pelajarilah cara mengganti template blog agar dapat mengganti template dilain waktu. Jika sudah mendapat pilihan template silahkan klik 'Buat blog'. Kini blog sudah jadi, anda sudah dapat berkreasi menulis sesuai dengan kreatifitas yang anda miliki sendiri.

artikel terkait : cara membuat website

Cara mengganti domain blogspot

Mengganti domain blogspot atau mengubah custom domain blogspot menjadi .com merupakan hal yang sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja anda perlu memiliki domain terlebih dahulu. Banyak penyedia layanan domain, dalam hal ini saya akan menggunakan contoh layanan dari IDwebhost. Untuk Penyedia lain tidaklah berbeda jauh asalkan diperhatikan langkah-langkahnya dengan teliti dan sabar.

Berikut cara mengganti domain blogspot anda :

1. Masuk Dashboard blogger klik menu Setelan --> dasar --> klik + tambahkan domain khusus

cara mengganti domain

2. Isi nama nana domain yang sudah anda sewa tadi pada kolom kosong  " http:// ..... "

cara mengubah domain

biarkan host file pada settingan 'tidak' kemudian klik simpan. Setelah itu akan ada peringatan error "kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan ...." dari settingan tersebut. Hal ini dikarenakan DNS domain yang belum berhasil diconnect dengan blogspot tersebut. Jadi abaikan saja peringatan seperti itu.
Perhatikan juga ada kode unik yang didalam peringatan itu, misalnya www + ghs.google.com (kode unik pertama) dan pfyw7gw + xyz.hqert.mdian.dv.googlehosted.com (kode unik kedua ) dan kode ini akan dipergunakan untuk setting CNAME nantinya.

3. Login CPanel Domain Anda , akses saja http://idwebhost.com/manage
Langsung klik kelola -> kelola domain -> manage dns

mengganti custom domain menjadi .com

cara membuat blog sendiri dan mengganti domain menjadi .com

klik saja manage dns

manage dns

4. Setting CNAME Records

Klik CNAME records -> tambah CNAME record


cname records

input dengan 2 kode unik pertama (warna biru)yang didapat dari dashboard blogspot Anda (perhatikan peletakkannya di gambar) dan klik tambah record



Selanjutnya ulangi lagi langkah seperti di atas hanya isikan saja 2 kode unik kedua (warna merah) pada kolom yang tersedia dan klik lagi tambah record. Dan klik saja tanda + pada kotak bagian kanan atas.

5. Klik tab A records pada kelola domain, setelah masuk isikan 4 buah IP secara bergantian yaitu :

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.34.21
216.239.38.21

isi ip di atas seperti format pada gambar di bawah sebanyak 4x  dan klik tambah record ( input satu per satu)

isi ip address
6. Setting Name server khusus

Setelah setting 4 ip tadi kini harus setting name server juga yaitu :

dns1.idwebhost.biz
dns2.idwebhost.biz
dns3.idwebhost.org
dns4.idwebhost.com

Dan untuk setting name server kita gunakan cara otomatis saja yaitu dengan meng-klik tulisan link warna biru "disini" pada cpanel manage dns, seperti tampak pada gambar di bawah ini :


sampai di sini setting DNS domain telah selesai dilakukan, biasanya harus tunggu hingga 5-6 jam untuk proses propagansinya. Dan Add domain lagi seperti langkah 1 dan 2 hingga selesai, klik simpan. Jika domain anda sukses di approve maka tidak akan ada error cname seperti sebelumnya.

7. Setting redirect
Setelah sukses add domain anda, langkah selanjutnya adalah setting redirect domain dari blogspot menjadi .com. Ikuti saja petunjuk seperti pada gambar di bawah agar lebih jelasnya.

setting alamat blog

setelan lanjutan


Dan selesai sudah mengganti custom domain menjadi .com,  jangan khawatir juga jika mengubah domain anda akan kehilangan pengunjung, sebab server akan secara otomatis akan me-redirect alamat blog lama ke alamat blog baru tersebut, termasuk juga backlink yang sudah tertaut pada blogspot tersebut.

Setelah saudara mengetahui cara membuat blog sendiri dan telah mengganti domain menjadi .com, pelajari juga cara optimasi seo agar dapat meningkatkan traffik pengunjung blog anda.

Demikian artikel cara membuat blog sendiri dan mengganti domain menjadi .com, semoga dapat memberikan manfaat. Salam blogger