Cara Mengganti Template Blog Dengan Mudah




Cara Mengganti Template Blog ~ Sebagai seorang blogger tentunya tidak terlepas dari keinginan untuk mengganti template blog, Hal ini terpicu dari kurang puasnya tampilan blog ataupun sekedar untuk mengobati rasa bosan yang menghantui penampilan unik sebuah blog.

Tulisan saya kali ini lebih tujukan kepada pengguna blogger yang masih pemula seperti saya yang ingin mengetahui cara mengganti template blog untuk diterapkan ke dalam blog kesayangannya.

Perlu diketahui bahwa mengganti template blog dapat mempengaruhi SEO blog. Search engine akan memerlukan waktu untuk mengenali blog Anda kembali. Terkecuali template pengganti yang digunakan ber-struktur sama dengan yang sebelumnya.

Bila Anda ingin melakukan perubahan pada template, Saya lebih menyarankan untuk mengedit template blog namun itupun tidak harus sesering mungkin dan hanya sebagian kecil saja. Tentunya diperlukan tehnik dan penguasaan bahasa pemrograman HTML, CSS, PHP dan sebagainya agar dapat memenuhi proses pengeditan itu.

Apabila kemampuan pemrograman tidak dimiliki untuk melakukan pengeditan maka jalan satu-satunya yang bisa dilakukan adalah mendapatkan template yang sudah jadi atau tersedia. Anda bisa mencoba mengunjungi situs www.mastemplate.com , www.btemplates.com dan lain-lain yang menyediakan template dari yang gratis hingga berbayar.

Kunjungi saja situs tersebut dan pilihlah template yang benar benar sesuai dengan keinginan dan tentunya juga harus sesuai dengan tema blog, sehingga Anda tidak mengganti template blog untuk jangka waktu yang lama.

Saran saya pilihlah template yang seo friendly dan responsive, jika anda belum mengetahui apa itu template seo friendly silahkan anda membaca artikel kriteria template yang seo friendly.

Jika Anda sudah yakin dengan pilih tersebut maka download template tersebut. Biasanya hasil download template berbentuk file ZIP, RAR. Ekstrak file tersebut dengan software UNZIP atau WINRAR atau software andalan anda lainnya yang dapat membongkar hasil download tadi.

baca juga : cara mempercantik blog

Setelah melakukan ekstrak maka cari file yang ber-ekstensi .xml, misalnya file seotemplate.xml. File .xml inilah yang akan diupload ke blog untuk mengganti template blog kesayangan.

Nah bagaimana cara mengganti template blog ? saya akan bagi menjadi 2 cara, silahkan ikuti salah satu petunjuk di bawah ini :

Cara Mengganti Template Blog 1 (pertama)

1. Login ke akun blog anda, www.blogger.com
   Jangan lupa salin terlebih dahulu script widget anda yang terletak di menu tata letak ke notepad untuk berjaga jaga jikalau anda membutuhkannya lagi

2. Klik Template

3. Klik Cadangkan / Pulihkan

4. Lakukan klik "Unduh template lengkap" terlebih dahulu untuk menyimpan template asli untuk menjaga-jaga jika anda ingin menggunakannya kembali, lalu simpan file tersebut dalam harddisk anda.

cara mengganti template blog di blogspot


5. Jika sudah selesai simpan, silahkan klik "Browse" atau 'pilih file', untuk mengambil file .xml yang anda download tadi di harddisk.

6. Jika sudah terpilih file .xml nya klik saja "Open" dan klik "Unggah"

7. Tunggu hingga selesai proses unggah

8. Selesai, template anda sudah berganti, jika ingin mengganti kembali ke template blog yang sudah disimpan sebelumnya silahkan anda ulangi langkah no 5-7.

Cara Mengganti Template Blog 2 (kedua)

Sebelum melakukan pengganti template, Copy dan simpan kode script yang ada di wiget untuk digunakan lagi setelah selesai pemasangan template.

1. Cari file hasil download yang ber-ekstensi .xnl tadi kemudian klik kanan, Pilih Open Width > notepad

2. Setelah terbuka, sorot saja filenya atau klik dengan Ctrl+A

3. Copy file tersebut atau tekan tombol Ctrl+C

4. Masuk / login ke blog, (www.blogger.com, isi email dan password)

5. Pilih Menu Template

6. Klik Edit HTML

7. Arahkan kursor ke dalam editor template

8. Tekan Ctrl+A dan tekan Del

9. Tekan Ctrl+V untuk mem-paste file .xml tersebut

10. Klik Save Template

12. Selesai cara mengganti template blog 2

Jikalau ada tampilan yang menanyakan apakah akan mempertahankan widget atau tidak silahkan Anda pertimbangkan, Jika dirasa ingin tetap menggunakannya silahkan klik 'ya' dan sebaliknya. Tapi jika terlanjur meng-klik 'tidak' padahal anda ingin menggunakan widget tersebut, Maka Anda bisa menggunakan script widget yang sudah dibackup sebelumnya. (copy script widget yang telah disimpan dalam notepad atau wordpad tadi).

Susun kembali tata letak widget sesuai dengan keinginan, tetapi bila ada widget yang tidak diinginkan dan tidak bisa dihapus silahkan dapatkan caranya dengan membuka artikel cara menghapus widget yang tidak bisa dihapus.

Sekali lagi saya mengingatkan agar tidak sering mengganti template blog, karena akan memperburuk seo blog, Jadi upayakan pilih template yang benar benar pas di hati dan sesuai dengan tema blog.

Semoga artikel cara mengganti template blog ini dapat memberikan petunjuk dan manfaat untuk Anda.