Cara Mendapatkan Google Sitelinks dan Manfaat Untuk Blog



Cara Mendapatkan Google Sitelink dan Manfaat Untuk Blog
Sebelumnya blog ini juga sudah mendapatkan google sitelinks tetapi kemudian hilang untuk beberapa waktu, kemungkinan adanya perubahan struktur dalam template ataupun berubahnya pola pengunjung blog saya. Dan kini blog ini mendapatkan kembali google sitelinks yang pernah hilang entah kemana.
Google sitelinks adalah tautan link yang berbentuk dinamis dalam suatu situs yang dibuat oleh google dalam mesin pencarian. Link link tersebut terbentuk dengan maksud mempermudah para pengunjung untuk menemukan bagian bagian halaman lain tanpa harus membuka situs atau homepage utama dari suatu blog atau website.

Cara Mendapatkan Google SItelinks dan Manfaat Untuk Blog

Bagi sebuah situs tidaklah mudah untuk mendapatkan sitelink dari google, Menurut pengamatan yang selama ini saya lakukan hanya blog atau situs yang mempunyai kata kunci atau keyword yang menduduki peringkat pertama halaman pertama pada proses pencarian google yang akan mendapatkan sitelink google tersebut.
Google menganggap siteliks pada sebuah situs penting karena situs tersebut dianggap mampu memiliki sumber manfaat dan informasi yang dapat dipercaya dan orisinil. Dengan kata lain bahwa google hanya akan memberikan sitelinks apabila google menganggap poin dari situs tersebut bermanfaat bagi user atau pengunjung. Memang tidak ada kriteria khusus yang dilontarkan dari pihak google untuk mendapatkan google sitelinks
 Berikut sedikit petikan dari webmaster google tentang siteliks :

We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them.

At the moment, sitelinks are automated. We're always working to improve our sitelinks algorithms, and we may incorporate webmaster input in the future. There are best practices you can follow, however, to improve the quality of your sitelinks. For example, for your site's internal links, make sure you use anchor text and alt text that's informative, compact, and avoids repetition.

Dan kira kira artinya :

Kami hanya menampilkan sitelink untuk hasil pencarian ketika kami berpikir bahwa link itu akan berguna bagi pengguna. Jika struktur situs Anda tidak mengijinkan algoritma kami menemukan tautan situs yang baik, atau kami berpikir bahwa sitelink itu untuk situs Anda yang tidak relevan untuk query pengguna, maka kami tidak akan menunjukkan kepada mereka.

Saat ini, tautan situs telah diotomatisasi. Kami selalu berupaya untuk meningkatkan algoritma sitelinks kami, dan kami dapat menggabungkan masukan webmaster di masa depan. Ada praktik terbaik yang dapat Anda ikuti, namun, untuk meningkatkan kualitas sitelinks Anda. Sebagai contoh, untuk link internal situs Anda, pastikan Anda telah menggunakan jangkar teks dan alt teks yang informatif, kompak, dan menghindari pengulangan.

Bagaimana cara mendapatkan google sitelinks ?

Kriteria khusus untuk mendapatkan google sitelinks tidak dijelaskan secara rinci oleh pihak google, tetapi ada beberapa kriteria yang dapat saya simpulkan atas dasar hasil pengamatan selama ini di beberapa blog dan website yang mendapat google sitelinks tersebut.
Dan kriteria itu adalah :
  • Blog atau situs haruslah terdaftar di mesin pencari, ini menjadi keharusan yang tidak dapat ditolak agar hasil hasil karya kita dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari.
  • Keyword (kata kunci) yang kuat dalam pencarian terutama pada halaman pertama dan peringkat pertama, Inilah hal yang mudah dilakukan tetapi sulit untuk mendapatkan hasilnya yang maksimal apalagi saingan yang sangat ketat di tingkat pencarian keyword, apalagi keyword yang banyak dicari.
  • Tidak selalu mengubah keyword, kriteria yang satu ini haruslah mendapat perhatian khusus, saya sarankan agar tidak mengubah keyword anda, jika sering mengubahnya maka mesin pencari akan 'bingung' men-craw blog atau situs anda.
  • Konten yang orisinil, hanya konten yang 'asli' yang akan mendapatkan perhatian dari google, jadi usahakanlah membuat artikel sendiri dan tidak merupakan hasil dari copas.
  • Penggunaan anchor text pada setiap pembuatan internal link yang menjembatani antara artikel satu dengan artikel yang lain dalam satu blog. Hal ini perlu karena untuk memudahkan pencarian kata kunci oleh mesin pencari. 
  • Pergunakanlah template yang seo friendly, biasanya template golongan ini sudah menyediakan semua keperluan optimasi seo onpage jadi sedikit banyak akan membantu blog kita mendapatkan sitelink.
  • Check secara berkala broken link jangan biarkan ada link yang rusak dan selalu menghantui perjalanan menunju google sitelink
  • Pemanggilan kata kunci yang digunakan dalam blog secara berkala akan mengundang google untuk memberikan google sitelink.
  • Optimasikan Seo blog anda secara rutin tetapi jangan terlalu berlebihan atau blog anda akan mendapatkan sandbox. Anda bisa membaca artikel Cara optimasi seo onpage dan optimasi seo offpage
  • Check secara berkala blog anda menggunakan google snippets untuk melihat apakah ada error missing required dan sebagainya dalam blog anda

Apa manfaat dari google sitelinks ?

Jadi apakah ada manfaat google sitelinks ? jawabannya adalah ada, yaitu :
> Tingkat pencarian akan lebih cenderung lebih tinggi / lebih mudah tersearch engine
> Trafik kunjungan pasti bertambah
> Ranking alexa sudah pasti lebih sempit
> Tingkat persaingan kata kunci cenderung akan lebih menang karena telah mendapat perhatian dari google
> Bertambahnya semangat untuk berkarya di blog / situs
> Salah satu ukuran gengsi, cerminan yang satu ini boleh boleh saja dilakukan untuk berbangga bagi blog tersebut.
> Merupakan penghargaan dari google

Apakah google sitelinks akan hilang ? 

Blog ini mendapatkan google sitelinks (kalau tidak salah sekitar 3 bulan setelah blog ini dibuat) dan pernah hilang entah kemana. Seperti biasanya seorang blogger ingin berusaha agar blognya bertambah cantik penampilannya bukan ? Dan juga seorang blogger juga ingin blognya bertengger di halaman pertama pencarian ya kan ? Nah dengan keinginan seperti itu biasanya blogger akan berusaha untuk mengoptimasi blognya salah satunya ialah mengganti template dan mengutak-ngutik meta tag-nya. Hal tersebut boleh boleh saja dilakukan selama kita tidak memprioritaskan upaya untuk mendapatkan google sitelinks, tetapi saya sangatlah tidak menganjurkan untuk itu. Selain tidak kunjung mendapatkan google sitelink, blog kita akan cenderung menjadi kacau balau dalam upaya craw oleh google. Dan penggantian template juga akan merusak tatanan widget dalam blog, Misalnya saja widget akan menjadi bermasalah dan lain sebagainya.
Jadi jika anda telah mendapatkan google sitelinks sebaiknya memperhatikan hal hal berikut jika anda tidak ingin kehilangan google sitelinks tersebut :
> Tidak mengganti template
> Tidak merubah meta keyword
> Perhatian extra kepada broken link, jika ada broken link hapuslah segera
> Check apakah ada meta descripsi ganda, jika ada maka upayakan untuk menonaktifkan meta descripsi tersebut

Nah sekian dulu Cara Mendapatkan Google Sitelinks dan Manfaat Untuk Blog,  mudah mudahan bermanfaat,  salam blogger